Menu

Mode Gelap
Gelar Rapat Perdana Pembahasan LKPJ, Pansus DPRD Minta Pemda Purwakarta Tindaklanjuti Rekomendasi Lionel Messi Dikeluarkan dari Squad PSG vs Brest Gempa Banten Dirasakan Hingga Sumatera, 257 Rumah Hancur Kementerian Keuangan Minta BUMN Penerima PMN Berbenah Pupuk Subsidi Bermasalah, Harga Melejit Petani Menjerit

Kabar Daerah · 15 Jan 2022 19:52 WIB ·

Gempa Banten Dirasakan Hingga Sumatera, 257 Rumah Hancur


					Gempa Banten Dirasakan Hingga Sumatera, 257 Rumah Hancur Perbesar

PURWADAKSI NEWS – Pasca gempa Banten berkekuatan 6,6 magnitudo di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, dilaporkan sebanyak 257 unit rumah mengalami kerusakan.

Di Kabupaten Pandeglang dilaporkan jumlah rumah yang mengalami rusak berat sebanyak 26 unit, 33 unit rumah rusak sedang, sebanyak 131 rumah rusak ringan.

Selain rumah, sejumlah fasilitas umum juga mengalami kerusakan, diantaranya 10 unit sekolah, 1 kantor pemerintahan, 1 pabrik, 1 puskesmas, 1 tempat usaha, dan 1 tempat ibadah.

Kerusakan rumah dan fasisilitas umum akibat gempa banten pada Jum’at siang (14/1/2022) itu juga terjadi di beberapa kabupaten.

Seperti di Kabupaten Serang yang dilaporkan adanya 16 unit rumah mengalami rusak sedang.

Kemudian di Kabupaten Lebak, dilaporkan rumah yang mengalami rusak berat sebanyak 12 unit, 3 rumah rusak sedang, 21 unit rumah rusak ringan, dan 3 bangunan sekolah juga rusak terdampak gempa.

Sementara itu, di Kabupaten Sukabumi diketahui terdapat 3 unit rumah rusak sedang dan 6 unit rumah lainnya rusak ringan. Serta 8 rumah di Kabupaten Bogor juga rusak diguncang gempa banten.

Data ini berdasarkan data yang bersumber dari Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang dirilis pada Sabtu (15/1/2022).

Rilis tersebut juga menyebutkan bahwa adannya satu orang warga yang mengalami luka ringan terdampak bencana alam gempa bumi ini.

Guncangan Gempa Bumi Terasa di 11 Daerah

Gempa bumi yang berpusat pada koordinat 7.21 LS dan 105.05 BT dengan kedalaman 40 kilometer itu dirasakan kuat selama 2-4 detik di 11 Kabupaten/kota di Pulau Jawa dan Sumatera.

Guncangan kuat dari gempa bumi yang dirasakan itu membuat masyarakat yang beraktivitas di dalam ruangan berhamburan keluar untuk menyelamatkan diri.

Sebelas Daerah tersebut diantaranya Kabupaten Pandeglang, Kota Serang, Kabupaten Serang, dan Kabupaten Lebak di Provinsi Banten.
Di Jawa Barat meliputi Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, dan Kota Depok. Kemudian Provinsi DKI Jakarta dan Kabupaten Lampung Barat.

Kepala BNPB Tinjau Lokasi Paling Terdampak Gempa Bumi

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto dikabarkan melakuakn peninjauan secara langsung ke lokasi terdampak gempa bumi berkuatan 6,6 magnitudo di Kabupaten Pandeglang pada Sabtu pagi (15/1/2022).

Dalam kunjungannya tersebut, Jenderal bintang tiga itu dijadwalkan untuk mengetahui situasi dan kondisi terkini di loklasi. Sekaligus memberikan arahan langsung kepada tim SAR penanganan darurat gempa bumi.

Peninjauan Letjen Suharyanto tersebut dilakukan bersama Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Mayjen TNI Fajar Setyawan, Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB Zaherman Muabezi, dan Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Jarwansyah.

Pada kesempatan itu, Letjen Suharyanto menyerahkan bantuan logistik serta peralatan kepada pemerintah Kabupaten Pandeglang berupa 3 set tenda pengungsi, 300 selimut, 5.000 masker, 500 paket perlengkapan dan makanan.***

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Komisi II DPRD Purwakarta Carikan Solusi Soal Harga Elpiji 3 Kg

19 April 2022 - 23:10 WIB

3.078 Rumah Rusak Diguncang Gempa Banten 6,6 SR

19 January 2022 - 10:07 WIB

Pupuk Subsidi Bermasalah, Harga Melejit Petani Menjerit

15 January 2022 - 12:28 WIB

Tingkat Kehadiran ASN Purwakarta 100 Persen

3 January 2022 - 15:02 WIB

Trending di Kabar Daerah